Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Tanaman Pembersih Udara Ruangan

Berikut beberapa jenis tanaman dengan fungsi Air Purifier, yang walaupun namanya mungkin terdengar asing bagi kita, namun mudah ditemukan di nursery atau petani tanaman hias. Berbagai tanaman ini juga cukup mudah dalam perawatannya.

1. Anthurium Bunga (Anthurium andraeanum)





Tanaman Anthurium banyak banyak digunakan sebagai tanaman hias pot di Indonesia, namun yang paling sering ditemui adalah Anthurium daun. Anthurium bunga (Flamingo Lily) lebih sering digunakan sebagai bunga potong. Perawatannya tidak sulit sehingga anda dapat dengan mudah menggunakan tanaman ini untuk mempercantik sekaligus membersihkan udara ruangan.

2. Pakis Gunung (Nephrolepis exaltata Bostoniensis)



Di luar negeri tanaman ini dikenal dengan nama Boston Fern (Pakis Boston). Habitat asli pakis ini adalah wilayah hutan hujan serta daerah rawa. Namun, pakis ini termasuk jenis tanaman yang sangat mudah dirawat dalam ruangan. Seperti Philodendron, pakis ini mampu menyaring bahan kimia formaldahyde dan merupakan salah satu air purifier alami terbaik.

3. Tanaman Lilin (Hoya carnosa)


Tanaman ini memiliki bunga yang cantik. Aroma bunga Hoya juga memiliki keharuman yang khas. Hoya dapat tumbuh merambat dan terlihat menarik saat ditempatkan di pot gantung. Hasil penelitian NASA juga menyatakan bahwa tanaman ini baik digunakan sebagai pembersih udara ruangan.

4. Daun Suji (Dracaena reflexa)


Tanaman ini dikenal dengan nama lain Pleomele. Untuk tumbuh, tanaman ini butuh media yang terjaga kelembabannya. Tanaman ini mampu menyaring berbagai jenis polutan di udara seperti, trichloroethylene, sejenis bahan kimia yang digunakan dalam larutan pembersih, serta bahan kimia lain seperti benzema dan karsinogen.

5. Palem Bambu (Chamaedorea sefritzii)


Palem bambu tumbuh subur pada derah lembab namun hindari terlalu banyak memberi air pada tanaman ini. Jika tidak diperhatikan tanaman ini dapat terlihat kotor dan berdebu, yang dapat mengurangi manfaat pembersih udaranya. Rawatlah dengan menyemprotkan air pada daun untuk membersihkannya.

6. Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescens


Tanaman termasuk jenis palem untuk indoor. Palem kuning dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 50 – 150cm dan terlihat cantik jika diletakkan di pojok ruangan. Palem kuning memiliki manfaat dapat melakukan detoksifikasi udara ruangan yang terpolusi oleh asap rokok serta jenis polutan lain. Perawatannya mudah dan tidak merepotkan, cukup siram sesuai kebutuhan palem dan jangan menggenang airnya. 

7. Palem Phoenix (Phoenix roebelenii)


Tanaman ini berasal dari kawasan Asia Tenggara dan cocok digunakan sebagai tanaman indoor. Hindari terkena sinari matahari langsung dan siram secukupnya saja. Palem ini mampu mengurangi kadar formalin dan xilena (bahan kimia pada plastik dan pelarut) dari udara.

8. Philodendron (Philodendron hederaceum)


Daun Philodendron berbentuk hati sehingga terlihat cantik. Tanaman ini dapat tumbuh merambat jika ditempatkan pada moss atau batang kayu. Tanaman ini juga terlihat cantik jika di tempatkan pada pot gantung. Philodendron mampu menyerap 80 – 90% bahan formaldehid (formaldahyde) yang biasa ditemukan pada cat tembok, lem karpet, lem untuk lantai kayu atau bahan isolasi lainnya.

9. Baby Rubber Plant (Peperomia obtusifolia)


Daun tanaman ini berwarna hijau gelap dan terkadang dapat memiliki bercak putih. Jika berada dalam ruangan, tanaman ini sebaiknya diletakkan dekat jendela dimana sehingga dapat terkena sinar matahari langsung beberapa jam setiap harinya. Tanaman ini membuat udara lebih segar karena dapat menghasilkan kadar oksigen murni yang cukup tinggi, serta dapat menyaring racun dan bahan kimia di udara.

10. Garlic Vine (Mansoa alliacea)


Tanaman hias ini cukup unik dengan beragam fungsi. Bunganya dapat mekar berwarna-warni, serta memiliki aroma seperti bawang putih. Aroma inilah yang membuat tanaman ini disebut dengan Garlic Vine atau Wild Garlic. Menurut Feng-Shui tanaman ini dapat menjauhkan pemiliknya dari nasib buruk. Selain itu tanaman ini merupakan penyaring udara alami yang juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dan ular.
Sumber: 1 2

Posting Komentar untuk " Jenis Tanaman Pembersih Udara Ruangan"