Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

tips memilih flashdisk

Flashdisk yang bagus Awet dan Tahan lama

Sekilas info mengenai Flashdisk
Merek Flashdisk yang bagus Awet dan Tahan lama. Jika berbicara masalah bagus atau tidaknya flashdisk tentu banyak variabel yang akan masuk di dalamnya. seperti daya tahan, kualitas bahan, kecepatan read dan write sebuah flashdisk, sampai pada desain.

Saya sarankan untuk tidak menggunakan Kingston atau VGEN jika anda menginginkan perfoma sebuah kecepatan flashdisk. karena sangat lamban ketika anda membaca atau menulis data di dalamnya. Menurut pengalaman saya, saya merekomendasikan Toshiba, SanDisk, Transcend, atau Patriot. Memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan Kingston dan V-GEN tetapi tentu saja lebih menghemat waktu karena kecepatan menulis / membaca jauh lebih cepat. Saya punya SanDisk 16GB USB 3.0, saya bisa menulis data ke dalam flashdisk saya sampai dengan 80 megabyte per detik yang sangat menghemat waktu saya.



Tapi agan agan harus hati hati dalam memilih flashdisk di sekarang ini karena banyak flashdisk flashdisk bajakan, Sebelum Anda membeli flashdisk dan untuk menghindari permasalahan flashdisk saat digunakan. Berikut adalah 5 Tips Memilih dan Membeli Flashdisk  :

1. Kemampuan Membaca Dan Menyimpan Data

Kemampuan flashdisk untuk membaca dan menyimpan data biasanya tidak sama tergantung dari kapasitas flasdisk dan merek flashdisk tersebut. Pada umumnya kecepatan flashdisk membaca data lebih tinggi dibanding kecepatan menyimpan data.
Tambahan kabel saat pemakaian juga mempengaruhi kecepatan transfer data. Jika Anda mengkoneksikan USB flashdisk dengan kabel maka sistem transfer data dari flashdisk akan semakin melambat.

2. Harga

Jangan tertarik dengan harga murah. Penahkah Anda mendengar kalimat bahwa kualitas barang berbanding lurus dengan harga? Nah, jangan tertarik dengan harga murah meskipun flashdisk tersebut memiliki kapasitas besar, sebelum membeli telitilah dahulu

3. Lokasi Penjualan

Sebaiknya Anda membeli flashdisk pada toko langganan Anda atau toko resmi. Tidak masalah harga lebih mahal sedikit tetapi pemakaian flashdisk lebih tahan lama dibanding membeli dengan harga murah tetapi lebih cepat bermasalah atau rusak karena kualitasnya tidak terjamin atau palsu.
Dalam pertimbangkan segala aspek sebelum Anda membeli, jangan sampai menyesal dan marah-marah setelah membeli karena tidak sesuai dengan keinginan Anda.

4. Merek Flasdisk

Nah, ketika anda ingin membeli flashdisk lebih anda melihat terlebih dahulu merk dari flashdisk yang akan Anda beli tersebut. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan berbagai informasi yang mengulas tentang flashdisk yang akan anda beli. Informasi-informasi tersebut dapat anda lihat di situs-situs di internet.
Hal ini akan menjadi masukan untuk Anda karena biasanya kita bisa menilai barang itu berdasarkan pengalaman setelah memakainya bukan? Jadi, Anda belajarlah dari pengalaman orang lain saat memakai merek.

5. Kondisi Fisik

Usahakan untuk mencari flashdisk yang memiliki kualitas bahan yang baik dengan bentuk bagus dan bisa meyakinkan Anda. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya benturan atau tidak sengaja terjatuh ke dalam air. Kebanyakan orang memilih flashdisk karena tertarik pada bentuk dan warnanya yang lucu dan menarik belum tentu flashdisk tersebut bisa bertahan lama dan kuat.
Mengapa casing yang kuat sangat di butuhkan? Untuk melindungi bagian dalam dari flashdisk, karena dalam pemakaiannya flashdisk akan berulangkali ditancapkan dan dicabut sehingga dibutuhkan casing yang kuat.
Pilihlah flashdisk yang casing luarnya berbahan karet dengan kualitas baik, casing tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil, melekat kuat, ramping dan nampak kokoh.
Urutan flashdisk berdasarkan kecepatan membaca ;


1. Super Talent Express DUO USB3.0 16GB, read speed = 41.03 MB/s
2. Kingston DT Ultimate 32Gb, read speed = 38.99 MB/s
3. Verbatim USB eSATA Drive 32Gb, read speed = 31.15 MB/s
4. Kingston DT Ultimate 16Gb, read speed = 30.03 MB/s
5. Silicon Power LuxMini 720 16Gb, read speed = 30.03 MB/s
6. Silicon Power LuxMini 920 16Gb, read speed = 29.91 MB/s
7. Kingston DataTraveler 150 64Gb, read speed = 29.65 MB/s
8. Transcend JetFlash 620 16Gb, read speed = 29.13 MB/s
9. Kingston DT HyperX 8Gb, read speed = 28.74 MB/s
10. Patriot Memory 64Gb, read speed = 28.63 MB/s

Urutan flashdisk berdasarkan kecepatan menulis ;


1. Kingston DT Ultimate 32Gb, write speed = 34.03 MB/s
2. Verbatim USB eSATA Drive 32Gb, write speed = 30.80 MB/s
3. Kingston DT Ultimate 16Gb, write speed = 24.28 MB/s
4. Super Talent Express DUO USB3.0 16Gb, write speed = 23.52 MB/s
5. Silicon Power UFD 30Gb, write speed = 23.30 MB/s
6. Corsair Voyager GT 8Gb, write speed = 20.98 MB/s
7. JetFlash Transcend 64GB 64Gb, write speed = 20.71 MB/s
8. Corsair Voyager GT 4Gb, write speed = 20.29 MB/s
9. Silicon Power LuxMini 920 8Gb, write speed = 20.12 MB/s
10. Transcend JetFlash 620 16Gb, write speed = 20.08 MB/s

Semoga bermanfaat  ^_^

copy from :  http://mediateknologikomputer.blogspot.com/2014/03/flashdisk-yang-bagus-awet-dan-tahan-lama.html

Posting Komentar untuk "tips memilih flashdisk"